Hindari Konotasi Kolonialisme, Grammy Akan Mengganti Nama Penghargaan “Best World Music Album Award” Miliknya

Music
05.11.20

Hindari Konotasi Kolonialisme, Grammy Akan Mengganti Nama Penghargaan “Best World Music Album Award” Miliknya

Nama penghargaan tersebut sekarang menjadi “Best Global Music Album” untuk istilah yang lebih relevan dan inklusif.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Adinda Mutiara Anisa
Foto: Grammy Awards

Acara penghargaan bergengsi Grammy baru-baru ini memberikan pengumuman akan perubahan nama salah satu kategori penghargaannya. Lebih tepatnya, kategori “Best World Music Album” kini diubah menjadi “Best Global Music Album”. Hal ini mereka lakukan untuk menghindari adanya sebuah konotasi kolonialisme.

Recording Academy mengatakan perubahan itu terjadi karena mereka terus merangkul pola pikir yang benar-benar global. Mereka mengadakan diskusi dengan seniman, ahli etnomusikologi, dan ahli bahasa dari seluruh dunia untuk memutuskan sebuah pembaharuan yang terbaik untuk kategori album musik dunia. Mereka akhirnya sepakat untuk mengubah salah satu nama kategori mereka dengan tujuan ingin memberikan istilah yang lebih relevan, modern, dan inklusif ke semua orang.

Tidak hanya Grammy, acara Academy Awards juga baru-baru ini mengganti nama kategori “Best Foreign Language” mereka menjadi “Best International Feature Film”. Tujuan mereka pun sama, yaitu ingin memberikan ruang yang lebih inklusif untuk semua orang, terutama untuk minoritas dan orang-orang yang tidak tinggal di Amerika Serikat. Selain itu, Grammy juga memiliki kategori baru yang akan bergabung dengan daftar penghargaan lainnya di tahun 2021. Kategori tersebut meliputi Best Progressive R&B Album (yang sebelumnya bernama Best Urban Contemporary Album), Best Latin Pop or Urban Album (sebelumnya bernama Best Latin Pop Album), dan Best Melodic Rap Performance (sebelumnya bernama Best Rap/Sung Performance). 

Nantikan daftar lengkap kategori untuk acara Grammy tahun 2021 di website resmi miliknya pada 24 November mendatang.whiteboardjournal, logo