Bandcamp Live, Fitur Terbaru bagi Musisi Bandcamp untuk Menyiasati Pandemi

Music
19.11.20

Bandcamp Live, Fitur Terbaru bagi Musisi Bandcamp untuk Menyiasati Pandemi

Selain membantu para musisi bertahan hidup, fitur Bandcamp Live ini juga dapat memudahkan komunikasi musisi dengan para fansnya.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Daniet Dhaulagiri
Foto: Bandcamp

Secara seketika, pandemi mampu membuat ekonomi di semua bidang seolah ‘tersungkur’. Industri musik adalah salah satu yang terkena imbasnya, penghasilan tiket konser juga penjualan merchandise merupakan sumber pendapatan utama bagi musisi – terlebih yang memilih jalur independen. Meski tidak bisa dipungkiri jika kita berbicara mengenai jumlah angka, hasil dari live performance adalah yang paling besar, namun sudah sekitar delapan bulan hal tersebut belum bisa dilakukan lagi.

Tapi jika melihat sisi lain dari terjadinya pandemi, COVID-19 layaknya sebuah ‘tombol mempercepat’ bagi berbagai bidang industri, dimana banyak aspek mulai didigitasi walau masih perlahan.

Manggung secara virtual memang bukanlah siasat yang pertama kali dicetuskan oleh Bandcamp, namun fitur terbarunya, ”Bandcamp Live” ini layaknya upaya untuk mendukung musisi independen agar tetap berpenghasilan dan bertahan di waktu yang pelik seperti sekarang. Bandcamp membebaskan para musisinya untuk menentukan harga tiket yang akan dibanderol untuk acara masing-masing. Bandcamp juga secara otomatis akan memberikan notifikasi kepada para penggunanya jika suatu waktu musisi favorit mereka akan melakukan acara streaming lainnya.

Di tengah berlangsungnya live streaming tersebut, tiap musisi bisa sambil menampilkan merchandise yang mereka jual, layaknya booth di sebuah festival. Meski nantinya Bandcamp akan memotong sebanyak 10% dari hasil penjualan tiket Bandcamp Live, mereka membebaskan biaya kompensasi tersebut hingga 31 Maret 2021. 

Bandcamp juga sebelumnya membuat sebuah kampanye satu hari dalam sebulan yang diberi nama “Bandcamp Friday”, di mana seluruh hasil transaksi penjualan album atau merchandise yang dilakukan tiap hari Jumat di awal bulan ini langsung disalurkan secara utuh kepada para musisi. Sebuah upaya nyata pihak Bandcamp untuk para musisi yang menggunakan platform tersebut sebagai penghargaan bagi karya mereka. 

Pihak Bandcamp memang cukup berinovasi dalam memperhatikan keberlangsungan hidup para musisi yang menggunakan platformnya selama pandemi ini. Fitur terbaru Bandcamp kali ini bisa sangat membantu musisi untuk bertahan dalam segi finansial, namun selain perihal itu, para penggemar pun bisa terpuaskan oleh suguhan audio dan visual dari musisi favorit mereka.  Kiranya dengan inisiasi ini, musisi independen dapat kembali menyalurkan kreativitas mereka untuk berkarya, juga untuk kembali terhubung dengan para penggemar mereka. 

Jadwal serta harga tiket untuk Live Stream yang akan datang bisa di cek di laman Bandcamp lewat tautan ini. whiteboardjournal, logo