Untuk Pertama Kalinya, NASA Berhasil Menciptakan Oksigen Buatan di Mars

Human Interest
23.05.21

Untuk Pertama Kalinya, NASA Berhasil Menciptakan Oksigen Buatan di Mars

Walau menunjukan hasil yang menjanjikan, hingga saat ini MOXIE hanya dapat menciptakan oksigen dalam skala yang kecil.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Rifqi Ramadhan
Foto: NASA/MOXIE

Sepertinya realita bahwa kita akan pindah ke planet Mars akan perlahan terwujud. Hal ini sendiri dapat terjadi karena berkat rover Perseverance yang diciptakan oleh NASA, manusia berhasil menciptakan oksigen buatan di Mars.

Dilansir dari platform Gizmodo semenjak pesawat ini mendarat pada bulan Februari lalu, Perseverance berhasil melakukan berbagai penelitian yang berbuah hasil seperti mencoba untuk memanen solar di Mars, hingga yang paling baru menciptakan oksigen yang dapat manusia hirup pertama di Mars.

Hal ini sendiri dapat terjadi karena sebuah instrumen ciptaan NASA bernama MOXIE (Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment). melalui penelitian ini MOXIE akan menarik udara yang ada di Mars yang terdiri dari susunan karbon dioksida lanjut memasuki proses filtrasi yang membuat karbon dalam udara terurai menjadi oksigen. 

“This is a critical first step at converting carbon dioxide to oxygen on Mars,” Ucap Jim Reuter selaku kepala peneliti untuk penelitian ini. Reuter juga menambahkan bahwa melalui teknologi yang sama MOXIE dapat mengurai karbon menjadi oksigen simpanan untuk pesawat luar angkasa.

Walau menunjukan hasil yang menjanjikan, hingga saat ini MOXIE hanya dapat menciptakan oksigen dalam skala yang kecil, namun NASA berharap bahwa ini menjadi awal yang baik untuk masa depan manusia bila memang suatu saat nanti kita diharuskan meninggalkan bumi.whiteboardjournal, logo