Adakah Kesempatan Kedua untuk Sosok Cancelled? Billboard Music Awards 2022 adalah Jawabannya

Music
17.05.22

Adakah Kesempatan Kedua untuk Sosok Cancelled? Billboard Music Awards 2022 adalah Jawabannya

Momen-momen menarik serta para pemenang dari ajang Billboard Music Awards/BBMAs 2022.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Inaya Pananto
Foto: Brian Friedman/Billboard

Ajang malam penghargaan musik Billboard Music Awards 2022 atau 2022 BBMAs rampung sudah minggu malam kemarin. Dipandu oleh musisi Sean “Diddy” Combs yang menjadikan malam ini sebagai peringatan kemenangan Billboard pertamanya 25 tahun lalu. BBMAs tahun ini diwarnai oleh banyak penampilan fantastis dan dilengkapi dengan atmosfer acara yang ramai dan bebas, sesuai keinginan Diddy untuk menciptakan acara award show yang tidak membosankan dan lepas.

Dalam malam penghargaan yang Diddy sebut sebagai perayaan kesempatan-kesempatan kedua dalam hidup ––interpretasi literal berupa kembali diundang dan tampilnya rapper Travis Scott dan penyanyi country Morgan Wallen setelah masing-masing tersandung kontroversi berat di tahun sebelumnya–– ia membuka acara dengan monolog berapi-api, setting the mood untuk acara ke depan. 

Deretan penampilan dan panggung kolaborasi mewarnai panggung Billboard tahun ini. Mulai dari sang host, dan kurator acara Diddy bersama Bryson Tiller membawakan lagu “Gotta Move On”. Disusul juga dengan penampilannya membawakan lagu “Mo Money Mo Problems” bersama Teyana Taylor sebagai penghargaan untuk mendiang teman, dan musisi The Notorious B.I.G, dimeriahkan lagi dengan atraksi putri Teyana, Junie yang berusia 6 tahun. 

Artis-artis lain yang juga mengisi slot acara antara lain, musisi Jack Harlow membawakan lagu nomor satu Billboard Hot 100-nya berjudul “First Class”, Megan Thee Stallion dengan lagu single terbarunya yaitu “Plan B” beserta lagu kolaborasinya dengan Dua Lipa (yang saat ini sedang dalam tur album “Future Nostalgia”) berjudul “Sweetest Pie”. Audiens dibakar semangat melihat penampilan Megan yang diiringi dengan skill menari Megan dan kharismanya menguasai panggung. Lalu hadir juga Machine Gun Kelly bersama istri, Megan Fox. Acara yang bertepatan satu hari sebelum ulang tahun Megan Fox ini dijadikan kesempatan bagi Machine Gun Kelly untuk membawakan lagu yang diciptakan khusus untuk sang kekasih dan bayinya yang belum lahir berjudul “Twin Flame”. Sebuah penampilan yang menghantarkan Megan Fox ke ambang tangis emosional.

Meghan Thee Stallion bersama model Cara Delevigne yang hadirkan momen lucu di red carpet kedatangan. (Foto: Getty Images untuk MRC)

Artis yang Diddy sebut sebagai “to un-cancel the cancelled”, Travis Scott jadikan acara ini sebagai penampilan panggung pertamanya setelah insiden meninggalnya 10 penonton saat penampilan Travis di Astroworld Festival November 2021 lalu. Travis hadir bersama Kylie Jenner dan buah hati mereka, Stormi yang tampak begitu menggemaskan mengenakan dress one-sleeve dari Rick Owens. Travis tampil membawakan lagunya yang berjudul “Mafia” dan “Lost Forever” dalam arahan kreatif trippy khas Travis.

Travis Scott, Kylie Jenner bersama putri mereka, Stormi menghadiri BBMAs 2022. (Foto: @kyliejenner/Instagram)

Artis lain yang undangannya juga mendaratkan banyak kritikan dari publik untuk Billboard adalah penyanyi country Morgan Wallen yang terlibat dalam kontroversi penggunaan cercaan rasial. Mengatakan bahwa ia telah merefleksi diri selama ini, terutama kini sebagai seorang ayah, Morgan tampil membawakan lagu yang memiliki tema permintaan maaf dan memenangkan penghargaan Top Country Male Artist. Sebuah kemenangan dan penampilan yang masih ramai ditentang oleh publik.

Lepas dari sejumlah keputusan-keputusan yang disambut sangsi ini, BBMAs tahun ini menyajikan banyak momen-momen besar seperti hadirnya Janet Jackson dalam outfit suit dan top hat yang akan mengingatkan siapapun akan mendiang kakak, Raja Pop, Michael Jackson, sebagai presenter kejutan tahun ini. Ia disambut dengan riuh rendah standing ovation, mengumumkan peraih penghargaan The Billboard Icon Award ––sebuah penghargaan yang juga pernah Janet menangkan–– tahun ini yaitu Mary J. Blige.

Deretan nama pemenang tahun ini mencakup, Drake untuk Top Artist dan Top Male Artist serta masuk ke dalam total 17 nominasi, Doja Cat masuk ke dalam total 14 nominasi dan berhasil memenangkan penghargaan Top R&B Artist, Olivia Rodrigo menangkan titel Top New Artist, Top Female Artist, Top Hot 100 Artist, Top Streaming Artist, Top Radio Songs Artist, Top Billboard Global 200 Artist, serta Top Billboard 200 Album untuk album SOUR. Pemenang-pemenang lain termasuk Lady Gaga, Bad Bunny, Kali Uchis, Ye, twenty one pilots, Dua Lipa, Ed Sheeran, Taylor Swift dan masih banyak lagi. Representasi dari Asia, khususnya K-Pop mega boyband BTS juga memenangkan tiga penghargaan yaitu Duo/Group, Top Selling Song dengan “Butter”, dan Song Sales Artist.

Tonton kompilasi momen-momen penting BBMAs 2022 di sini serta list lengkap pemenang di sini.whiteboardjournal, logo